Breaking News

Kasat Reskrim Polres Soppeng, Iptu Ridwan Terima Penghargaan atas Keberhasilannya Tangani Pelanggaran Pemilu




Palapainfo.com, Soppeng -- Kapolda Sulsel Anugrahkan Piagam Penghargaan kepada Kasat Reskrim Polres Soppeng Iptu Ridwan, S.H., M.H. Penganugrahan diserahkan sebagai Juara I atas kinerja dan keberhasilannya dalam menangani Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu) pelanggaran Pemilu 2024.


Penyerahan piagam penghargaan ini dilakukan dalam suatu acara, "Rapat Kerja Teknis dan Peningkatan Kemampuan Penyidik Tindak Pidana Pemilihan Tahun 2024 Polda Sulsel”, dibuka secara resmi Kapolda Sulsel, Irjen Pol Andi Rian Djajadi,S.I.K., M.H., digelar di Hotel Dalton Makassar, Selasa, 9 Juli 2024.



Saat menerima penghargaan ini, Kasatreskrim Iptu Ridwan, S.H., M.H., menyampaikan ucapan terima kasih, atas kolaborasi semua pihak menjaga kondusifitas selama Pemilu berlangsung hingga penghargaan ini dapat diraih.


“Terima kasih yang sebesar besarnya atas kinerja maksimal sentra Gakkumdu Soppeng," ungkapnya.


Terpisah, Kapolres Soppeng AKBP Dr. H. Muh. Yusuf Usman, S.H., S.I.K., M.T., CIPA, mengapresiasi anggotanya yang tergabung dalam Sentra Gakkumdu sehingga dapat diperoleh penghargaan ini. Artinya, kata Kapolres ini, Sentra Gakkum Kabupaten Soppeng menjadi salah satu yang dinyatakan berhasil menangani tindak pidana bagi pelanggaran pidana hingga putusan.


“Saya mengharapkan agar para Sentra Gakkum bisa mempertahankan prestasi tersebut dan terus bekerja secara profesional," kata mantan Kapolres Palopo ini.


Diketahui, satuan wilayah Polres Polda Sulsel yang mendapatkan Piagam Penghargaan yakni,


Peringkat I : Satreskrim Polres Soppeng.

Peringkat II : Satreskrim Polres Luwu Timur.

Peringkat III : Satreskrim Polres Luwu.


Siapa itu Iptu Ridwan, berikut biodatanya, dirangkum dari Tribratanews.sulsel.polri.go.id. dan media online lainnya, 9 Juli 2024.


Iptu Ridwan, S.H., M.H., mulai menjabat sebagai Kasat Reskrim Polres Soppeng, sejak Maret 2023. Sejak itu, Kanit I Tipikor Polres Pelabuhan Soekarno Hatta, April 2018 - 21 Maret 2023 ini, berkomitmen memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga Soppeng dengan meminimalisir angka kejahatan di Bumi Latemmamala.


"Kami terus mengoptimalkan pelayanan ke masyarakat serta mengantensi proses penanganan perkara demi membuat warga merasa aman beraktivitas," ujarnya. 


Iptu Ridwan, S.H, M.H., lahir di Makassar, 2 Juli 1984, bertempat tinggal di Jl. Ir. Soetami, Makassar. Pehobi olahraga sepakbola ini, menamatkan sekolah dasarnya di SD Inpres Pagandongan, 1996. Lalu lanjut ke SMP Negeri 9 Makassar, dan lulus 1999.


Pendidikan Sekolah Menengah Umum Tingkat Atas, ia mengikutinya di SMA Negeri 6 Makassar, lulus 2002.


Tak berhenti hanya di situ, merasa belum cukup dengan jenjang pendidikan menengah atas, ia masuk mengikuti kuliah di S1 Ilmu Hukum Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar dan lulus dengan gelar Sarjana Hukum (S.H.).


Masih juga belum puas dari kehausannya terhadap ilmu yang selama ini digeluti, Ridwan pun melanjutkan pendidikannya ke universitas yang sama S2 Ilmu Hukum hingga menyandang gelar Magister Hukum (M.H.) di pada 2020.


Di kepolisian, Ridwan mendaftar Secaba 2003 Gelombang I dan dinyatakan diterima hingga lulus, resmilah ia berpangkat Bripda. Dalam perjalanan karirnya di institusi kepolisian, Ridwan ini dinilai tak menemui kendala yang berarti, sehingga ia pun dipromosikan mengikuti pendidikan Sekolah Inspektur Polisi (SIP) 2017.


Dalam perjalanan karirnya, ia menjabat Kanit Reskrim Polres Pelabuhan Soekarno Hatta, Desember 2017 - April 2018. Lalu dimutasikan ke Kanit I Tipikor Polres Pelabuhan Soekarno Hatta, April 2018 - 21 Maret 2023


Rupanya, Piagam Penghargaan yang diterima ini bukanlah yang pertama. Sebelumnya, Kasat Reskrim Polres Soppeng ini seabrek penghargaan yang telah diterima, di antaranya :


Piagam Penghargaan atas keberhasilannya dalam  :


- Pendampingan Praperadilan terbanyak kasus tindak pidana oleh Kapolres Pelabuhan Makassar, Desember 2021


- Transnational Organised Crime Training Course For Indonesian National Police Virtually via the JCLEC Online Delivery Model, 2021


- Transnational Organised Crime Training Course For Indonesian National Police assigned by JCLEC Exceutive Director Program Australian Federal Police, Juni 2021


- Pengungkapan kasus pembunuhan terbanyak oleh Kapolres Pelabuhan Makassar, Juni 2022


- People Smuggling Cellebrite Workshop organized by Australian Federal Police, September 2022


- Penghargaan pelaksanaan OTT Pemberantasan Pungli TA 2023 oleh Polda Sulawesi Selatan, November 2023. (alimuddin)





Tidak ada komentar