Breaking News

Mengantar Desa Lompulle Status Mandiri, Kadesnya Terima Penghargaan




Palapainfo.com, Soppeng -- 

Beberapa Kepala Desa di Kab. Soppeng menerima Penghargaan dari Pemerintah Daerah Kab. Soppeng sebagai apresiasi kepada Kepala Desa pada acara malam resepsi dan syukuran dalam acara kenegaraan di Rujab Bupati Soppeng, Sabtu malam, 17 Agustus 2024.


Salah satu di antaranya Kepala Desa yang menerima Penghargaan adalah Kepala Desa Lompulle Kec. Ganra diberikan Penghargaan karena dedikasi dan kerja kerasnya sebagai Kepala Desa yang berhasil mengantar Desa Lompulle Kec. Ganra Kab Soppeng sebagai Desa Mandiri di Kab Soppeng. 


Tentu untuk mencapai keberhasilan tersebut bukan hal yang mudah karena harus memulai berbagai tahapan, apalagi awalnya Desa Lompulle adalah termasuk Kategori Desa Tertinggal bersama beberapa Desa lainnya, namun berbagai inovasi yang dilakukan oleh Amri selaku Kepala Desa bersama masyarakat desanya,l. 


Akhirnya predikat Desa Tertinggal bisa ditanggalkan menjadi Desa Berkembang. Tidak menunggu waktu lama, Desa Limpulle naik kategori menjadi Desa Maju. Setahun menyandang sebagai Desa Maju akhirnya 2022 oleh Pemerintah Pusat menganugerahi sebagai Desa Status Mandiri.


Sebagai Kepala Desa Lompulle dirinya berharap nantinya bisa mempertahankan atau bahkan lebih meningkatkan lagi Inovasi untuk bisa mewujudkan desa yang lebih berprestasi demi untuk kesejahteraan warga desa. Apalagi Desa Lompulle sudah terukir namanya di Tingkat Nasional, tandasnya. 


Karena bagaimana pun juga, lanjut Amri mengatakan, tak bisa dipungkiri Desa Lompulle dikenal di daerah ini sebagai desa yang penuh prestasi. Sebut misalnya, lanjut dia menjelaskan, prestasi yang pernah ditorehkan adalah Nominasi Desa Terbaik dalam Kategori Pengelolaan Dana Desa dengan skala Prioritas oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI.


Dikatakan, dua kali berturut-turut menerima penghargaan tingkat nasional sebagai Desa Proklim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan berbagai prestasi di tingkat provinsi dan kabupaten. 


Usai menerima penghargaan itu, Kades Lompulle, Amri, mengajak seluruh elemen masyarakat Lompulle untuk membangun kebersamaan dalam membangun desanya.


Diketahui, untuk saat ini sudah ada 6 Desa di Kab Soppeng di luar Lompulle yang menyusul juga mendapatkan status Desa Mandiri dan menerima penghargaan serupa tadi malam, yakni Desa Timusu Desa Belo, Desa Patampanua, Desa Donri Donri, Desa Leworeng dan Desa Panincong. (Firdaus)

Tidak ada komentar